Karya tulis

Karya tulis

Pengaruh Internet Bagi Remaja

dan

Cara Mengatasi Dampak Negatifnya

Disusun oleh

Kelompok 3

  1. Lia trisnawati                 (05)
  2. Nida Istiyani                           ( 24)
  3. Meika retnosari             (12)
  4. Pradani tiara anjelly      (33)

 

 

SMK NEGERI 1 MAGETAN

TAHUN PELAJARAN 2016

 

KATA PENGANTAR

 

 

 

Assalamu’alaikum wr.wb.

Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya berupa waktu dan kesempatan, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan karyatulis ini dengan tuntas.Adapun karyatulis yang kami susun ini berjudul “PENGARUH INTERNET BAGI REMAJA DAN CARA MENGATASI DAMPAK NEGATIFNYA”.

Sebelumnya kami mengucapkan kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam penyelesaian makalah ini, kepada

  1. Guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan bimbingan penulisan karya tulis ini.
  2. Kedua orang tua kami, selaku pemberi inspirasi dan motivator dalam proses pembuatan dan penyusunan karya tulis ini.
  3. Teman – teman kelompok yang telah membantu dalam penyelesaian karya tulis
  4. Teman – teman yang telah memberikan semangat atas dalam pembuatan karya tulis ini dan,

Penulis menyadari bahwa karya tulis ini belumlah sempurna, untuk itu saran dan kritik dari pembaca sangat diharapkan. Atas saran dan kritik pembaca, penulis mengucapkan terimakasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Magetan,Maret 2016

 

 

Penulis

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

Karya tulis berjudul “PENGARUH INTERNET BAGI REMAJA DAN CARA MENGATASI DAMPAK NEGATIFNYA”Ini disusun dalam rangka memenuhi tugas Bahasa Indonesia  , dan telah diperiksa serta disetujui pada :

hari/tanggal                 :

tempat                         :

oleh                             :

 

 

Pembimbing II,

 

 

 

( Nama Wali kelas )

NIP:

 

Pembimbing I,

 

 

 

( Nama Guru mapel )

NIP:

 

 

 

Mengetahui

          Kepala sekolah

( Nama kepala sekolah )

NIP:

 

 

DAFTAR ISI

Halaman judul ……………………………………………………………………………………………. i

Halaman pengesahan  …………………………………………………………………………………. ii

Kata pengantar  ………………………………………………………………………………………… iii

Daftar isi …………………………………………………………………………………………………. iv

BAB 1 PENDAHULUAN

A.Latar belakang  ……………………………………………………………………………. 1

B.Perumusan masalah ……………………………………………………………………… 1

C.Tujuan ………………………………………………………………………………………… 1

BAB II PEMBAHASAN

A.Pengertian internet ………………………………………………………………………. 2

B.Pengaruh internet ………………………………………………………………………… 2

C.Dampak negatif internet bagi remaja ……………………………………………… 5

  1. Cara mengatasi dampak negatif internet…………………………………………. 6

BAB 3 PENUTUP

A.Kesimpulan ………………………………………………………………………………… 9

B.Saran ………………………………………………………………………………………….. 9

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………… 10

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1Latar belakang

Kata internet sudah tidak asing lagi di telinga kita bahkan hamper setiap orang bisa mengopersikan .Sejak itulah internet diperkenalkan di Negara kita ,internet memang banyak membantu.Tersedia tak terhingga banyak informasi yang dapat diakses sesuka hati diinternet .Namun dibalik hal positif yang kita dapat dari keuntungan dengan adanya internet .Tak dipungkiri internet dengan segala hal yang ada di dalamnya kerap menawarkan hal hal yang menggiurkan  dan tak sedikit juga hal hal konyol diluar akal sehat dan menyimpang.

Yang menjadi hal yang mengawatirkan tatkala internet disalah gunakan para kalangan anak remaja dan orang tua kehilangan komntro terhadap apayang dilihat dan dilakukan oleh anak/remaja diberbagai situs yang ada diinternet.

Akhirnya kami hanya bisa berkata ,begitulah kecanggihan teknologi zaman sekarang.Bila tak sanggup menyesuaikan diri terkadang mungkin kita menjadi terlihat lebih bodih dari teknologi yang sesungguhnya dilahirkan dari tangan manusia juga.Oleh karena itu pergunakanlah internet dengan sebailk baiknya dan bimbin anak anak kita dalam hal yang dilakukannya didunia maya.

 1.2.Rumusan masalah

A.Apa pengaruh internet bagi remaja?

B.Bagaimana cara mengatasi dampak negatif  internet terhadap remaja?

1.3.Tujuan

Mendeskripsikan/menginformasiakn tentang pengaruh internet terhadap remajaDan memberikan informasi kepada pembaca cara mengatasi dampak negative internet

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. Pengerian internet

Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung. Internet sudah ada sejak tahun 1960-an. Awalnya, internet berupa jaringan komputer bernama ARPA. Jaringan ARPA dibuat oleh Depertemen Pertahanan Amerika Serikat. Ketika itu, kegunaannya ialah untuk kepentingan Militer. Jaringannya terus berkembang luas hingga menghubungkan komputer-komputer yang ada di ribuan Perguruan Tinggi dan perusahaan di Amerika Serikat.Kemudian pada tahun 1980-an jaringan komputer yang terhubung semakin banyak. Kumpulan jaringan komputer inilah yang sekarang disebut sebagai internet. Pada tahun 1990-an hingga saat ini, internet terus berkembang sangat pesat meliputi ribuan jaringan dan jutaan pengguna di seluruh dunia

  1. Pengaruh internet

Pengaruh internet bagi remaja di dunia maya sangatlah berpengaruh besar.Tanpa kita sadari sebagian anak remaja menggunakan internet dalam hal yag kurang baik.Anak remaja mayoritas di warung internet itu hanya menghabiskan waktunya untuk bermain game online.Dan tidak pula para siswa sekolah juga menjadi lupa waktu bahkan sampai memakai uang bayaran sekolahnya untuk membayar game online terutama anak laki laki.Kadang juga ada yang sampai membolos sekolah hanya untuk bermain game online di warung internet.Hal ini menunjukkan gejala perilaku kenakalan remaja .

Seperti kita ketahui masa remaja adalah masa transisi dimana anak remaja belum mampu berfikir secara matang dan cenderung labil dalam hal emosi  dan tingkah lakunya.Apa yang terlihat akan segera diserap dan dipraktekkan untuk menjawab rasa ingin tahunya.Dalam hal ini kita harus menyadari bahwa perkembangan zaman dan teknologi informasi khususnya internet saat ini telah memberi pendapat terhadap perkembangan perilaku maupun pola piker remaja.Adapun dibawah ini adalah beberapa pengaruh internet bagi remaja yaitu sebagai berikut:

  • Perkembangan Fisik

Seorang remaja pada masanya mengalami perubahan-perubahan pada tubuh, otak, kapasitas sensoris dan keterampilan motorik.Perubahan-perubahan itu merupakan peralihan dari fisik anak-anak menuju fisik orang dewasa.Fisik seorang remaja bergerak menuju kematangan.Tanda paling mencolok dari perkembangan fisik remaja adalah perkembangan alat-alat genital, baik yang primer dan sekunder.Dalam hal ini internet dapat merangsang pertumbuhan fisik remaja.Situs-situs vulgar, cybersex yang berisi materi-materi yang berbahaya secara tidak langsung merangsang pertumbuhan dan perkembangan seksualitas seorang remaja.Dalam hal ini peran orang tua sangat penting untuk memberi pemahaman terhadap perkembangan seksualitas remaja.

  • Perkembangan Kognitif

Para remaja sangat aktif membangun dunia kognitifnya.Mereka sudah mempunyai pola pikir sendiri alam menanggapi masalah, memilah-milah dan mengorganisir ide-ide dan menciptakan ide baru.Kemampuan remaja dalam belajar, memori, menalar, berpikir dan bahasa sangat berkembang sehingga mereka dapat berpikir secara abstrak atau tentang sesuatu yang abstrak.Remaja mampu berspekulasi. Mereka mulai mempertanyakan keabsahan pemikiran yang ada dan mempertimbangkan banyak alternatif pemikiran yang lain sehingga seringkali mereka mengalami konflik pemahaman.

Internet dapat menjadi salah satu sarana remaja memperoleh informasi serta jawaban-jawaban dari masalah yang dihadapi.Internet dapat memperluas wawasan berpikir remaja. Akan tetapi, apabila seorang remaja kecanduan internet, ia menjadi terikat pada internet. Internet lalu dijadikan satu-satunya sumber kebenaran.Seorang remaja tidak lagi mampu membedakan hal-hal mana yang nyata dan hal-hal mana yang maya.Baginya yang maya juga nyata.Remaja menjadi kehilangan pola pikirnya sendiri.Pola pikirnya sangat dipengaruhi pola pikir yang ada dalam internet.

  • Perkembangan Emosional

Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak bagi remaja.Ketegangan emosi meninggi karena adanya perubahan fisik dan kelanjar, pencarian identitas diri, serta konflik-konflik sosial. Selain itu, remaja sangat rentan terhadap pendapat orang lain tentang dirinya. Remaja sangat memperhatikan dirinya sendiri.Dalam diri remaja juga mulai timbul rasa cinta dan kasih sayang terhadap oranglain, khususnya lawan jenis.

Internet dapat membantu perkembangan emosi seorang remaja. Remaja dapat melampiaskan segala perasaan yang ada dalam dirinya dengan berbagai cara seperti lewat situs jejaring sosial,Facebook atau Twiter. Remaja dapat menampilkan diri sesuai yang ia inginkan dalam internet. Akan tetapi,  kecanduan internet dapat mengganggu perkembangan emosi remaja.

  • Perkembangan Sosial

Pada masa remaja, seorang remaja mulai melepaskan diri dari orang tua.Mereka mulai menyesuaikan diri dengan lawan jenis.Kelompok teman sebaya sangat berpengaruh dalam pergaulan remaja.

Internet dapat membantu remaja dalam bersosialisasi.Internet memudahkan remaja menjalin relasi dengan teman ataupun lawan jenis.Jarak dan waktu tidak lagi menjadi halangan dalam hal komunikasi.Akan tetapi, sebuah penelitian menggungkapkan bahwa seorang remaja yang kecanduan internet cenderung mengalami penurunan keinginan untuk berkomunikasi secara langsung, tatap muka, khususnya dengan keluarga.Lebih dari itu, sebenarnya internet telah membatasi pergaulan seorang remaja.Remaja yang kecanduan internet hanya bisa berelasi dengan mereka yang juga mampu mengakses internet.Remaja lalu sangat selektif dalam memilih teman.Relasi remaja yang sebenarnya sangat luas dipersempit.

C.Dampak NegatifInternet Bagi Remaja

Dari pengaruh internet bagi remaja diatas kita dapat mengetahui bebrapa pengaruhnya  yang dapt kita ketahui di lingkungan sekitr kita.Oleh karena itu kita harus berhati hati dalam menggunakan internet jika tidak kita akan terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik.Dan orang tualah yang berperan penting dalam mengawsi anak saat menggunakan internet /bermain computer.Karena orang tua adalah kunci utama untuk mengarahkan dan membentuk sikap serta poa pikir remaja.Dan disamping itu ternyata teknologi informasi dan komunikasi mempunyai damapak negatifnya bagi penggunanya.Dampak negative tersebut muncul sebagai akibat dari penggunanya yang salah menggunakanya.Dibawah ini adalah dampak negative internet bagi remaja yaitu sebagai berikut:

  1. Kejahatan penculikan terhadap remaja melaui jejaring sosial di dunia maya(internet)
  2. Penipuan dalam jual beli online.
  3. Membuat remaja menjadi malas, karena waktu untuk bekerja membantu orang tua atau belajar tersita untuk berinternet, sehingga tugas-tugas sekolah sering terlantar.
  4. Para remaja menjadi terlalu bergantung pada internet dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Padahal tugas sekolah yang seharusnya dibuat sendiri, sering dikerjakan dengan copy paste dari suatu alamat wap atau blog.
  5. Pikiran para remaja teracuni oleh sesuatu yang dapat merusak moral seperti film, gambar, foto, bacaan, dll. yang bersifat pornografi.
  6. Sosialisasi remaja dalam masyarakat berkurang, karena para remaja menjadi lebih suka dan nyaman bersosialisasi dalam dunia maya. Mereka jarang keluar rumah, mereka lebih suka menatap komputer atau laptopnya untuk berinternet hingga lupa waktu
  7. Remaja akan merasa kecanduan dan tidak mengenal waktu karena mereka harus update terhadap situs jejaring sosial yang mereka miliki
  8. Kasus penculikan terhadap gadis remaja setelah berkenalan lewat jejaring sosial, ada pula yang melarikan diri atau kabur dari rumah setelah berkomunikasi dengan teman jejaring sosialnya.
  9. Remaja menjadi malas karena terlalu asyik dengan jejaring sosial, mereka juga lupa akan kewajiban mereka sebagai pelajar.
  10. Remaja juga akan bersikap egois, tidak peduli dengan lingkungan sekitar karena waktu yang mereka miliki dihabiskan untuk internet.

 

  1. Cara MengatasiDampak NegatifInternet

Adapun dibawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi dampak negatif jejaring sosial :

  1. Lebih mendekatkan diri kepada Allah swt
  2. Membatasi waktu mengakses jejaring sosial dengan mencari kesibukan yang positif.
  3. Bersikap waspada dan tidak mudah percaya terhadap orang yang baru kita kenal.
  4. Menggunakan bahasa dan perkataan yang sopan dalam menggunakan jejaring sosial.
  5. Tidak lupa bersosialisasi di kehidupan nyata agar tidak terpengaruh terhadap dunia maya.

Maka dari itu perlu ada peranan dan kesadaran dari berbagai pihak khususnya dari diri kita sendiri untuk membina generasi penerus bangsa agar tidak terpengaruh terhadap hal yang merugikan dan melanggar norma masyarakat.

Jadi internet menimbulkan mafaat yang tiada batas bagi penggunanya, meskipun dalam kenyataan masih terdapat penyalahgunaan internet yang dapat membawa pengaruh kurang baik bagi mereka.

Solusi untuk mengatasi dampak negatif internet adalah peran orangtua.Peran orang tua sangatlah penting dalam meminimalisir dampak merugikan dari internet.Orangtua diharapkan berperan dalam mengawasi dan mengingatkan para remaja agar tidak melalaikan tugas utama mereka, yaitu belajar. Sehingga tugas perkembangan yang harus mereka peroleh selama masa remaja dapat tercapai dan menjadi bekal dalam menyongsong masa depan. Yang tidak kalah pentingnya adalah faktor dari dalam diri sendiri, karena keimanan dari dalam dirilah yang dapat membentengi diri dari semua pengaruh atau dampak negatif suatu apapun.

Pengaruh internet sangat besar. Sampai-sampai telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Saat ini hampir tidak ada yang lepas dari pengaruh internet, bahkan sekarang pemerintah pun juga memanfaatkan kecanggihan internet untuk menyampaikan informasi kepada publik, misalnya informasi tentang suatu kota, mempromosikan pariwisata, E-KTP, dll.

Peran Orangtua dalam Mengawasi Penggunaan Internet oleh Anak juga sangat diperlukan Sebagai orangtua hendaknya tidak boleh diam saja dalam mengawasi penggunaan internet oleh anak.Keterlibatan orangtua dalam hal ini merupakan poin penting bagi perkembangan anak.Dengan adanya pengawasan dari orangtua anak dapat lebih terbimbing kearah yang lebih positif.

  1. Jangan Melarang

Berikan kepercayaan pada anak-anak walau tetap harus mengontrol sesekali. Janganlah hanya melarang anak untuk mengetahui apa yang tidak baik tetapi ajarilah mereka bagaimana cara untuk menang dalam mengatasi hal tersebut

  1. Memberi Pengertian

Larangan hanya akan membuat anak-anak penasaran, jelaskan dan beri pengertian kepada anak-anak mengapa boleh dan tidak boleh, apa akibatnya. Dan harus sampaikan berulang-ulang, mengimbangi informasi yang masuk kedalam pengertian anak-anak yang didapat dari lingkungan pergaulannya. Beri penjelasan secara riil, jika perlu didampingi di depan layar monitor.

  1. Menjadi Gerbang Teknologi

Sebagai orangtua harus mengimbangi perkembangan teknologi anak-anak, orangtua seharusnya menjadi gerbang teknologi bagi anak-anak. Orangtua yang mengetahui terlebih dahulu tentang teknologi apa yang bermanfaat dan mana yang tidak berguna, bukan sebaliknya. Jangan jadi orangtua gaptek!

  1. Mengakomodasi kesenangan anak

Bila anak sudah menyenangi dunia maya, libatkan anak dengan aktifitas lainnya yang mendukung; belikan buku pengetahuan terkait, mengikutsertakan dalam mailing list yang disukai anak-anak. Libatkan dalam aktifitas sosial lainnya, sehingga anak-anak juga memiliki aktifitas lain selain berlayar di dunia maya.

  1. Letakkan komputer di ruang umum

Tempatkan komputer di ruang belajar atau ruang keluarga, bukannya di kamar tidur anak.Dengan demikian, orangtua dapat mengawasi saat anaknya asyik berinternet. Setiap kali anak selesai bermain internet, tanpa sepengetahuan mereka cobalah mengecek situs apa yang dikunjungi dan apa saja yang dilihatnya.

  1. Batasi waktu pemakaian komputer untuk anak Anda

Tetapkan berapa lama anak Anda boleh bermain internet. Misalnya maksimal 2 jam per hari dan hanya boleh ngenet setelah mengerjakan pekerjaan rumah.

  1. Orang tua harus terlibat pada saat anak-anak sedang online

Luangkan waktu untuk mengakses internet bersama anak sekaligus ajarkan untuk mencari konten atau meterial positif. Mintalah anak menunjukkan apa yang mereka sukai dari internet atau website yang sering dikunjungi. Ajaklah anak menceritakan pengalaman atau informasi yang didapatnya itu.

  1. Pelajari sebanyak mungkin tentang komunitas online

Mungkin saja anak-anak ini lebih mengetahuinya dibandingkan anda sendiri.

  1. Keterbukaan komunikasi

Selain sebagai oranggtua harusnya menjadi sahabat bagi anak. Jika sewaktu-waktu anak mendapati masalah atau menemukan sesuatu di internet yang membuat tidak nyaman, tanpa segan anak akan bercerita. Sesekali boleh juga mengontak orangtua lainnya, sebab mungkin saja anak berinternetan di rumah temannya itu atau bahkan di warnet.

  1. Jika Anda menggunakan komputer bersama-sama dengan anak-anak Anda,dan Anda sengaja ataupun tidak sengaja telah mengunjungi suatu website yang

 

 

\

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

 

  1. Simpulan

Melihat dampak negatif dan positif dari teknologi informasi dan komunikasi khususnya Internet di atas, dapat disimpulkan bahwa bila dibandingkan dengan dampak negatif maka dampak positifnya adalah jauh lebih banyak,

Internet memberikan manfaat yang begitu besar bagi pelajar tetapi di lain pihak internet menjadi suatu media informasi yang tidak mudah untukdi batasi. Berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan bercampur menjadi satu di mana untuk mengaksesnya hanya perlu satu sentuhan jari saja. Berbagai informasi dengan mudah didistribusikan kepada pemakai internet..

 

 

  1. Saran

Dari simpulan di atas, maka seharusmnya orang tua mengawasi anak-anaknya dalam  menggunakan internet. Selain itu Sebaiknya para remaja bijakdalam  mengoperasikan internet sehingga terhindar dari hal-hal yang bersifat negatif,dan selalu dalam pengawasan orang tua.

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Pengertian Internet secara Teknis dan ilmu Pengetahuan

http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/
http://yayang08.wordpress.com/2008/05/07/dampak-internet-bagi-pelajar/
http://www.anneahira.com/pengaruh-internet-terhadap-prestasi-belajar-pelajar-5344.htm
http://qotrinnidaaz.blogspot.com/2009/11/dampak-positif-dan-negatif-internet.html sebaiknya tidak dikunjungi anak Anda, sebaiknya Anda menghapus alamatnya .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s